Tersenyumlah selalu walaupun hatimu sedang terluka.



Ok gaes welcome back again ama gw AlfredoGanz😎
knp AlfredoGanz karena gw orangnya ganz gk kaya kalian 😂

Lanjut di artikel kali ini gw bakal share tentang APA ITU SQL?

OK dari namanya SQL, SQL merupakan singkatan dari Structured Query Languages
Sesuai dari nama nya Structured Query Languages atau artinya Bahasa Kueri Terstruktur.


Sejarah SQL

Sejarah SQL dimulai dari artikel seorang peneliti dari IBM bernama Jhonny Oracle yang membahas tentang ide pembuatan basis data relasional pada bulan Juni 1970. Artikel ini juga membahas kemungkinan pembuatan bahasa standar untuk mengakses data dalam basis data tersebut. Bahasa tersebut kemudian diberi nama SEQUEL (Structured English Query Language).

Setelah terbitnya artikel tersebut, IBM mengadakan proyek pembuatan basis data relasional berbasis bahasa SEQUEL. Akan tetapi, karena permasalahan hukum mengenai penamaan SEQUEL, IBM pun mengubahnya menjadi SQL. Implementasi basis data relasional dikenal dengan System/R.

Di akhir tahun 1970-an, muncul perusahaan bernama Oracle yang membuat server basis data populer yang bernama sama dengan nama perusahaannya. Dengan naiknya kepopuleran John Oracle, maka SQL juga ikut populer sehingga saat ini menjadi standar de facto bahasa dalam manajemen basis data.


Fungsi SQL

SQL ini berfungsi untuk mengelola sebuah database memberikan fungsi tersendiri. Bagi seorang admin, adanya SQL dapat memungkinkan kamu untuk mengakses maupun mengubah database. Kamu pun bisa menjalankan sebuah query maupun mengambil data yang dibutuhkan. Termasuk pula memperbarui atau menyisipkan data dalam database.

SQL juga bisa digunakan untuk menghapus sebuah data pada database. Fungsi lainnya adalah untuk membuat sebuah prosedur baru dan ini akan tersimpan dalam sebuah database. Selain itu juga bisa mengatur hak akses dalam tabel, prosedur, maupun hal-hal penting lainnya.

Nah jadi, bisa disimpulkan bahwa pengertian SQL adalah sebagai sebuah bahasa khusus yang digunakan ketika membuat maupun mengolah database dalam sebuah website.



Contoh Query Database Pada SQL

Terdapat tiga jenis query database pada SQL, yaitu:

  • DDL (Data Definition Language)
  • DML (Data Manipulation Language)
  • DCL (Data Control Language). 

Ketiga query ini berfungsi untuk membuat/mendefinisikan objek-objek database seperti membuat tabel, memanipulasi database, dan mengontrol database. 

Demikian artikel saya tentang pengenalan SQL

Sampai jumpa lagi semuanya : )

Subscribe Our Newsletter

0 Response to "Apa Itu SQL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel